Kebijakan Perlindungan Sosial Jokowi – PKH

Oleh | Pada Agustus 19, 2017

Tercatat pada tahun depan Pemerintah menargetkan 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Angka ini naik dari tahun 2017 sebesar 1,26 juta KPM. Lalu untuk Program Keluarga Harapan akan naik dari 6 juta KPM pada 2017 menjadi 10 juta KPM.

Menurut Harry angka ini sebenarnya telah melalui evaluasi dari Kementerian dan Lembaga (K/L) lain, terutama Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Bahkan, dia mengaku jumlah KPM penerima PKH tahun depan sudah disunat dari direncanakan sebelumnya sebanyak 12 juta KPM.

Selain anggaran sosial, pemerintah juga meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Staf Ahli Bidang Hukum Kesehatan Kementerian Kesehatan Barlian mengatakan anggaran kesehatan dipatok 5% di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018.



Kebijakan Perlindungan Sosial Jokowi – PKH  Pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan masih mendapat porsi terbesar dalam RAPBN 2018. Di luar itu, anggaran dana bantuan sosial dan subsidi mendapat peningkatan.

Kemensos Dorong Konfirmasi Data Kemiskinan Lewat Revolusi Digital, Kementerian Sosial menambah 4 juta keluarga miskin yang masuk ke Program Keluarga Harapan (PKH) dari sebelumnya 6 juta. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyebut telah banyak keluarga penerima PKH yang sudah mandiri. Mensos juga mendorong update data kemiskinan lewat Sistem Informasi dan Konfirmasi Data Sosial Terpadu (Siskada Satu).

Dana Perlindungan Sosial Bertambah, Mensos Bantah Kemiskinan Meningkat, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan dengan bertambahnya dana perlindungan sosial bukan berarti bertambahnya kemiskinan. Menurutnya program Keluarga Harapan mampu melindungi masyarakat kurang mampu.

PKH Dinilai Paling Efektif Mengikis Kemiskinan di Indonesia, Kementerian Sosial menambah 4 juta keluarga miskin yang masuk ke Program Keluarga Harapan (PKH) dari sebelumnya 6 juta. Penambahan ini dilakukan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). PKH disebut sebagai program yang paling efektif dalam mengikis kemiskinan di Indonesia.

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: ,

Category: Berita Utama

Close