Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE PKH)

| September 29, 2016 | 0 Comments | 57.298 views

KUBE PKH : STRATEGIS DAN EKONOMIS, Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE PKH) merupakan satu langkah strategis dan berdampak pada perbaikan ekonomi yang positif dalam pelaksanaan dan penerapan PKH dalam satu wilayah pengembangan. Bukan saja strategis dalam upaya pencapaian tujuan-tujuan pokok PKH dalam peningkatan peran aktif dan komitmen peserta dan pelaku PKH akan tetapi secara ekonomis menjadi sebuah harapan dan terobosan pencapaian tigkat perbaikan kesejahteraan peserta PKH itu sendiri.Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE PKH) 

Keberadaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE-PKH) bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di tengah-tengah masyarakat akan menjadi sarana untuk meningkatkan usaha ekonomi produktif (khususnya dalam peningkatan pendapatan), menyediakan sebagian kebutuhan yang diperlukan bagi keluarga Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), menciptakan keharmonisan hubungan sosial antar warga, menyelesaikan masalah sosial yang dirasakan keluarga Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), pengembangan diri dan sebagai wadah berbagi pengalaman antar anggota.

Kehadiran KUBE-PKH Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) merupakan media untuk meningkatkan motivasi warga miskin untuk lebih maju secara ekonomi dan sosial, meningkatkan interaksi dan kerjasama dalam kelompok, mendayagunakan potensi dan sumber sosial ekonomi lokal,  memperkuat budaya kewirausahaan, mengembangkan akses pasar dan menjalin kemitraan sosial ekonomi dengan berbagai pihak yang terkait.



Melalui kelompok, setiap keluarga miskin dapat saling berbagi pengalaman, saling berkomunikasi, saling mengenal,  dapat menyelesaikan berbagai masalah dan kebutuhan yang dirasakan. Dengan sistem KUBE-PKH, kegiatan usaha yang tadinya dilakukan secara sendiri-sendiri kemudian dikembangkan dalam kelompok, sehingga setiap anggota dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan usaha ekonomi produktif, usaha kesejahteraan sosial serta kemampuan berorganisasi.

Kegiatan yang berkaitan dengan usaha kesejahteraan sosial dapat berupa: pengelolaan santunan hidup, Iuran Kesetiakawanan Sosial (IKS), arisan, pengajian, perkumpulan kematian, usaha simpan pinjam, pelayanan koperasi, usaha tolong menolong atau gotong royong, usaha pelayanan sosial untuk membantu orang tidak mampu, usaha-usaha untuk mencegah timbulnya permasalahan sosial di lingkungannya, dan usaha-usaha UKS lainnya. Kegiatan yang berkaitan dengan usaha ekonomi produktif (UEP) dapat berupa usaha dagang, jasa, pertanian, dan lain-lain, sedangkan kegiatan yang bersifat penataan kelembagaan, seperti: pengelolaan keuangan, pencatatan dan pelaporan.

Melalui KUBE-PKH diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan berfikir para anggota karena mereka dituntut suatu kemampuan manajerial untuk mengelola usaha yang sedang dijalankan, dan berupaya menggali dan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia di lingkungan untuk keberhasilan kelompoknya. Selain itu, diharapkan dapat  menumbuh kembangkan sikap-sikap berorganisasi dan pengendalian emosi yang semakin baik serta  dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan, rasa kepedulian dan kesetiakawanan sosial, baik di antara keluarga binaan sosial maupun kepada masyarakat secara luas.

KUBE-PKH dibentuk dilandasi oleh nilai filosofis “dari”, “oleh” dan “untuk”masyarakat. Artinya bahwa keberadaan suatu kelompok KUBE-PKH di manapun (desa atau kota) adalah berasal dari dan berada di tengah-tengah masyarakat. Pembentukannya oleh masyarakat setempat dan peruntukannya juga adalah untukanggota dan masyarakat setempat. Karena konsep yang demikian, maka pembentukan dan pengembangan KUBE-PKH harus bercirikan nilai dan norma budaya setempat, harus sesuai dengan keberadaan sumber-sumber dan potensi yang tersedia di lingkungan setempat, juga harus sesuai dengan kemampuan SDM (anggota KUBE-PKH) yang ada.

KUBE-PKH harus diwujudkan dalam bentuk kerjasama yang berlangsung secara terus menerus, bukan hanya untuk jangka pendek tetapi jangka panjang. Kerjasama yang tulus biasanya hanya dapat diwujudkan bila dilandasi oleh dengan semangat kekeluargaan, kegotongroyongan, dan kesetiakawanan sosial. Dalam kelompok terjadi interaksi atau hubungan yang saling ketergantungan, dan saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya yang pada akhirnya menimbulkan semangat kekeluargaan, kegotongroyongan  dan kesetiakawanan sosial di antara mereka, bahkan dengan lingkungan ekternal kelompok.

KUBE-PKH dimaksudkan untuk mewujudkan keberfungsian sosial para anggota KUBE-PKH dan keluarganya, yang meliputi meningkatnya kemampuan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup sehari-hari dan berubahnya sikap dan tingkah laku dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi serta  meningkatnya kemampuan dalam menjalankan peranan-peranan sosialnya dalam masyarakat. Keberadaan usaha-usaha ekonomis produktif yang bersifat ekonomis dalam kelompok KUBE-PKH hanya sebagai sarana bukan sebagai tujuan. Banyak orang beranggapan bahwa aspek ekonomi atau UEP dalam KUBE-PKH sebagai tujuan dan sering dijadikan sebagai ukuran keberhasilan KUBE-PKH. Ini adalah suatu hal yang keliru.

Comments

comments

Tags: , ,

Category: KUBE PKH

Close