Lebih dekat dengan Contact Center PKH

Oleh | Pada Februari 4, 2018

Kemensos PKH selamat pagi..  Dengan Eva ada yang bisa saya bantu? “

Itulah sapaan khas dari agent Contact Center PKH (selanjutnya disingkat dengan kata CC PKH) ketika menyapa penelepon yang kala itu menghubungi nomor 1500-299 untuk melakukan pengaduan seputar PKH. Nomor  1500-299 memang disediakan oleh Kementerian Sosial untuk menjawab tuntutan zaman di saat masyarakat membutuhkan informasi seputar PKH, sebuah program nasional lintas Kementerian yang sudah berusia 10 tahun yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial.

CC PKH yang diresmikan oleh Menteri Sosial, Bapak Idrus Marham pada tanggal 19 Januari 2018 memiliki beberapa saluran aduan diantaranya adalah layanan Call Center, layanan konsultasi, media sosial yakni SMS, WA, Facebook, Line, Twitter dan lain-lain. Sementara layanan PKH Call Center berlangsung pukul 08.00 – 17.00 WIB.



Call Center untuk pengaduan KPM PKH di 1500-299, sementara Call Center untuk menerima pengaduan dari stakeholder (Dinas Sosial Provinsi, Kabupaten/Kota, instansi terkait, SDM Pelaksana PKH) di 021-314 4321 ext. 2444


Selain Call Center, masyarakat juga bisa menyampaikan pengaduan melalui

  • Facebook di kemensos.pkh/linjamsoskemensos
  • Twitter di @kemsos_pkh,
  • Instagram di alamat kemsos_pkh
  • e-mail ke pengaduan@pkh.kemsos.go.id
  • website di pkh.kemsos.go.id

Untuk masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan secara langsung, Kementerian Sosial menyiapkan Pekerja Sosial yang siap melayani dan memberikan solusi terkait masalah pelaksanaan PKH dan masalah psikososial lainnya. Tidak hanya itu, untuk merespon pengaduan yang terkait dengan pelayanan perbankan, PKH Contqct Center juga terkoneksi dengan Call Center

  • BNI di nomor 1500-046
  • BRI di nomor 1500-017
  • Bank Mandiri di nomor 14000
  • BTN di nomor 1500286.

CC PKH terletak di Gedung Aneka Krida Lantai 1 memiliki 3 ruangan. Ruang Pertama adalah Ruang Contact Center yang berfungsi menampung keluhan dan aduan masyarakat terkait pelaksanaan PKH dan layanan perbankan dalam penyaluran bantuan sosial PKH baik melalui call center maupun media sosial.

Ruang Kedua adalah Ruang Case Conference yang digunakan untuk membahas penyelesaian keluhan dan aduan masyarakat yang melibatkan stakeholder PKH terkait. Ruangan ini bisa menampung kurang lebih 10 hingga 15 orang.

Ruang Ketiga adalah Ruang Konsultasi yang digunakan untuk memberikan konsultasi kepada masyarakat yang datang langsung ke PKH Contact Center menyampaikan keluhan dan aduannya. Mereka akan diterima oleh Pekerja Sosial yang bertugas memberikan konsultasi langsung maupun home visit jika diperlukan.

Contact Center PKH saat ini digawangi oleh sebuah tim yang beranggotakan 7 orang, yaitu 4 orang dari PKH dan 3 orang dari TRC Kementerian Sosial.  Mereka adalah Fahmi, Eva, Ugie, Guruh (menangani pengaduan seputar PKH), Yasri, Haris dan Hidmat (menangani pengaduan masalah sosial). Setiap kali ada telepon masuk para agent CC PKH akan melayani pengaduan atau menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh para penelepon.

Dalam satu hari,  CC PKH bisa menerima rata – rata 20 hingga 30 penelepon. Ini belum ditambah dengan pengaduan yang masuk melalui jalur offline seperti email maupun media sosial.  Dalam hal ini,  semua telepon yang masuk diupayakan supaya bisa “one call one solution” (satu panggilan satu solusi) Namun jika memang pertanyaan tersebut tidak bisa diselesaikan oleh para agent harus maka pengaduan tersebut  akan diteruskan ke pihak yang berkompeten dalam menjawabnya.

Ada beberapa jenis pertanyaan yang masuk ke CC PKH, diantaranya menanyakan

  • bagaimana syarat menjadi peserta PKH
  • menanyakan waktu pencairan bantuan PKH
  • menanyakan BPNT

 

maka para agent bisa segera memberikan jawaban langsung  kepada penelepon tersebut. Namun jika pertanyaannya seputar ATM yang terblokir atau gagal debet maka panggilan tersebut akan diteruskan ke pihak bank terkait karena itu sudah masuk ranah kebijakan perbankan.

Diharapkan dengan keberadaan CC PKH ini bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi seputar PKH secara langsung dari sumber yang resmi dan terpercaya sehingga tidak lagi mudah termakan informasi yang tidak jelas sumbernya. (GA)

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags:

Category: PKH TERKINI

Close