Mensos Pastikan Bantuan Sosial Gunakan Satu Kartu

| November 12, 2016 | 0 Comments | 43.082 views

Mensos Pastikan Bantuan Sosial Gunakan Satu Kartu Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meresmikan Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama (E-Warung KUBE) di Kota Serang dalam rangka percepatan pengentasan kemiskinan di Banten.

Program e-warung merupakan kerjasama berbagai pihak antara Kementerian Sosial, bank, Bulog dalam mensuskseskan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

Menurut Khofifah, secara nasional penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sudah menembus 6 juta penduduk. Penambahan jumlah ini berkembang semenjak Oktober lalu dari 3,5 juta dan bulan November terjadi penambahan sebanyak 2,5 juta.



Di Kota Serang sendiri, penerima program PKH berjumlah 7900 dari total 202 ribu penduduk Banten yang mendapatkan program PKH dan mendapatkan program beras untuk keluarga sejahtera (rastra).

mensos-pastikan-bantuan-sosial-gunakan-satu-kartu
Shares
  • facebook

“Di Banten ini penerima rastranya 526 ribu keluarga. Pelaksanaan PKH non tunai dari bulan November penambahannya sekitar 202 ribu orang,” kata Khofifah kepada wartawan di Kota Serang, Jumat (11/11/2016).

Pembukaan e-warung di Kota Serang sendiri ini merupakan yang ke 82 di seluruh provinsi di Indonesia. Menurut Khofifah, idealnya setiap seribu penerima bantuan seperti beras untuk keluarga sejahtera (rastra) didirikan 1 e-warung. Di e-warung ini semua penerima bantuan menggunakan kartu khusus yang bisa digunakan untuk transaksi non tunai pembelian kebutuhan seperti beras, gula atau gas 3 kilogram.

Ke depan menurut Khofifah, semua bantuan sosial akan menggunakan akses non tunai dan satu kartu. Itu digunakan agar pemberdayaan masyarakat agar lebih efektif dan efisien.

“Semua bantuan secara non tunai, penggunaan berbagai kartu akan diintegrasikan menjadi satu,” ujar Khofifah menambahkan.

Comments

comments

Category: E-Warung PKH

Tinggalkan Balasan

Close