Pendamping PKH masuk sebagai salah satu nominasi Diplomat Success Challenge di TV One

USAHA BERSAMA KPM PKH MENGANTARKANKU MENJADI FINALIS  KOMPETISI BISNIS DI TV NASIONAL

Oleh : Prayogi Harry Widharta, S.E

Pendamping PKH Kabupaten Probolinggo




Tema : KPM ku Inspirasiku

 

PKH (Program Keluarga Harapan) adalah sebuah program pemerintah melalui kementrian sosial yang memberikan bantuan bersyarat kepada keluarga kurang mampu/miskin. Pendamping PKH mempunyai tugas memfalisitasi dan mendampingi keluarga penerima manfaat (KPM). Selain itu pendamping PKH juga berperan dalam meningkatkan kemandirian ekonomi peserta PKH agar ke depan mereka dapat lebih mandiri dan menuju kehidupan yang lebih baik lagi.

Perjalanan saya masih baru menjadi pendamping di kabupaten Probolinggo, Saya adalah pendamping kohor 2016 dan baru saja lulus kuliah 2015 lalu. Namun banyak hal yang harus saya lakukan untuk bisa berbagi bagi sesama dengan ilmu yang sedikit saya miliki.

Kabupaten Probolinggo sendiri merupakan salah satu kabupaten dengan jumlah KPM yang terbilang cukup banyak dengan jumlah pendamping dan operator hampir mencapai 200 orang. Potensi lokal di kabupaten Probolinggo terbilang cukup besar namun belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakatnya. Potensi di sektor perikanan dan kelautan Kab.Prob misalnya boleh dibilang berlimpah dan akan menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan bila digarap maksimal.

Kegiatan pengolahan kerang hijau telah menimbulkan masalah pembuangan limbah cangkang kerang yang sangat krusial. Pembuangan limbah cangkang kerang di laut menyebabkan nilai estetika lingkungan berkurang. Selain itu, limbah ini juga menyebabkan pendangkalan sehingga kapal nelayan sulit untuk keluar masuk. Seiring dengan tingginya permintaan pasar terhadap komoditas ini, maka usaha budidaya kerang hijau semakin digiatkan, khususnya di pantai utara pulau Jawa tidak terkecuali di Kabupaten Probolinggo.

Sejak 2015 saya telah memiliki usaha kerajinan tangan dari pemanfaatan limbah kulit kerang hijau. Dan semenjak saya berada di PKH saya berupaya mengajak KPM untuk berani memulai usaha dan mendapatkan penghasilan sendiri. Saat FDS terdapat modul ekonomi yang merupakan salah satu upaya meningkatkan kemandirian ekonomi KPM PKH. Sejak saat itulah saya mengajak beberapa  kpm PKH disekitar lingkungan saya untuk bersama sama belajar berbisnis dengan usaha yang saya miliki. Saya bekerja dengan para KPM PKH dan mereka sangat senang sekali karena waktu luang mereka bisa digunakan untuk kegiatan yang bisa menghasilkan profit bagi keluarganya.

Proses produksi KPM PKH yang diliput salah satu TV Nasional

Saya juga berupaya melakukan pendampingan bisnis terhadap usaha-usaha yang telah dijalankan oleh masing masing peserta PKH. Saya memberitahukan bagaimana cara memasarkan yang benar, cara promosi yang benar, dan lain lain. Maklum, saya adalah lulusan Sarjana Ekonomi. Jadi setidaknya bisa membagikan ilmu yang sedikit saya miliki.

Juli 2017 saya mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta di salah satu program bisnis Diplomat Succes Challange 2017 TV One dan setelah melewati seleksi yang ketat dari 5900 peserta se Indonesia saya berhasil masuk top 90. Lalu setelah melakukan presentasi, ide bisnis saya yang dikerjakan bersama KPM PKH, saya lolos 30 besar. Dan saat ini saya telah masuk 10 besar perwakilan East Region (Jatim, Sulawesi, Bali, Lombok, Papua) dalam ajang kompetisi ini.

Acara kompetisi bisnis ini tayang setiap hari Minggu pukul 21.30 WIB di TV one mulai tanggal 12 November 2017. Perjalanan saya dalam memulai usaha yang memberdayakan masih panjang. Banyak hal yang harus saya benahi dan pelajari. Dan yang lebih penting adalah persiapan menuju Grand Final di Jakarta. Saat kompetisi ini para dewan komisioner terutama bapak Helmi Yahya sangat menghargai dan mengapresiasi usaha yang saya lakukan dengan melibatkan masyarakat kpm PKH.

Bagi saya sukses yang bermanfaat adalah ketika kita sukses, kita bisa membagi kesuksesan itu bersama orang lain. Karena manusia yang bermanfaat adalah manusia yang bisa memberikan manfaat bagi orang orang di sekitar. Teruslah berkarya, teruslah berjuang bersama. Ajaklah mereka bangkit. Kalau bukan kita siapa lagi?

Link YouTube :

 

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Tags: , ,

Category: UMUM

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.