Tegakkan Punggungmu! Ksatria – Catatan motivasi untuk SDM PKH

Oleh | Pada Oktober 30, 2017

Tegakkan Punggungmu! Ksatria – Catatan motivasi untuk ksatria PKH Dunia ini menyuguhkan sejuta alasan untuk menyerah dan kalah. Lalu menyalahkan menjadi defence mecanism (mekanisme pertahanan diri) atas jiwa yg lemah. Begitulah jiwa yang rapuh …

Kehidupan yg selalu menyuguhkan perubahan dan percepatan persaingan mestinya disikapi dengan bijak dan mental positif. Kondisi tersebut kadang melahirkan ketidaksiapan mental insan. Mengeluh dan tidak jarang memberontak, akhirnya ia gagal menjadi pribadi yang kuat.

Begitulah suasana hati yg sangat mungkin kita temui saat program besar PKH mengeluarkan kebijakan yang ‘memaksa’ kita sedikit bergeser dari comfort Zone kita. Catatan berikut hanya berusaha memotivasi diri dan sahabat2 saya yang saya sebut dengan ksatria PKH



Terimalah dengan hati lapang
Seringan apapun tugas tapi engkau terima dengan hati sempit, terasa sesak dan membenankan. Cepat capek dan sangat mungkin tidak tuntas. Tetapi sebaliknya, tugas2 besar akan menjadi ringan jika diterima hati yg lapang walaupun belum dilaksanakan. Inilah aplikasi positif thinking. Sediakan hati yg seluas samudra, maka kotoran sebesar kapal tak akan mampu mengotori hatimu.

Mulailah bekerja dengan smart
Pasrah saja tidak cukup, kecakapan dalam mengeksekusi sebuah perintah menjadi penting dan membutuhkan pola manajemen yg jelas. Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling perlu dipahami hingga ranah ekskusi. Kinerja harus dapat diukur keberhasilannya. Maka akhirnya nanti kita akan merasakan sukses dan gagal dan tahu prosesnya.

Tegakkan Punggungmu
Tanpa saya harus mengurai banyaknya tugas yang telah menanti. Yakinkan dirimu mampu dan mulailah berjalan dengan tegap.

Layaknya ksatria, engkau bertahan dengan tegak. Bukan karena tugas/ujian yang kecil, melainkan engkau memiliki mental yang kuat.

Usaha sebatas manusia
Sekeras apapun engkau berusaha jika Tuhanmu tidak menghendaki berhasil, tetap bersabarlah. Tetap miliki jiwa yg positif. Tugas kita berusaha dengan kapasitas kemampuan manusia, Tuhanlah yang akan menggerakkan fasilitas kemudahan hingga kita tidak sadar telah mampu melampaui hasil diluar nalar kita.

Kita serahkan hasilnya kepada-Nya, setelah deretan cara smart telah kita tempuh. Tidak usah sakit hati dan depresi jika hasilnya tidak sesuai pikiran kita, dan tidak pantas sombong jika hasil sukses menjadi jawaban atas ikhtiar kita.

  • Tetaplah menjadi ksatria sosial.
  • Tetaplah melayani.
  • Tetaplah menjadi baik.
  • Tetaplah tegar
  • Dan Tetaplah menjadi bagian solusi.

Salam hangat Oleh: Ahid, Sukoharjo
29/10/2017

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Category: Berita Utama

Close