Tiga kabupaten ini penerima Terima PKH Award

| Oktober 1, 2017 | 0 Comments | 1.786 views

MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa foto bersama sejumlah perwakilan kabupaten di Aceh yang menerima Program Keluarga Harapan (PKH) Award 2017 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Jumat (29/9). Tiga kabupaten yang menerima PKH Award di Aceh yaitu, Pidie, Tamiang, dan Aceh Selatan.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh memberikan anugerah Program Keluarga Harapan (PKH) Award 2017 untuk tiga kabupaten, yakni Pidie, Aceh Selatan, dan Aceh Tamiang. Ketiga kabupaten itu dinilai telah berhasil melaksanakan program unggulan Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut dengan baik.
PKH Award tersebut dibagi dalam tiga katagori yaitu, Verifikasi Terbaik, Kerjasama Terbaik, dan Dana Sharing APBK Terbanyak. Kabupaten Pidie berhasil meraih kategori Dana Sharing APBK Terbanyak, Aceh Tamiang meraih kategori Kerjasama Terbaik, dan Aceh Selatan meraih kategori Verifikasi Terbaik.

Pemberian anugerah itu diserahkan Menteri Sosial RI, Dra Khofifah Indar Parawansa kepada masing-masing bupati pada acara penutupan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Keluarga Harapan Tahun 2017 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Jumat (29/9).



Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri dalam sambutannya menyampaikan pemberian anugerah PKH Award 2017 sebagai bentuk penghargaan bagi pelaksana PKH terbaik se-Aceh serta untuk memotivasi dan memacu seluruh pelaksana PKH di Aceh agar proaktif melaksanakan program harapan.

“Untuk itu, kita berharap mendapat dukungan penuh dari pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan PKH, terutama dalam pengalokasian anggaran (sharing anggaran) untuk operasional dan kegiatan pendukung lainnya,” kata Alhudri di hadapan para bupati dan wali kota yang hadir pada acara tersebut.

Koordinator PKH Kabupaten Aceh Selatan, Tarmizi menyebutkan pencapaian prestasi itu tak lepas dari kerja sama antara petugas dengan pemerintah daerah dalam menindaklanjuti pemeriksaan kehadiran keluarga peserta PKH. “Bapak Bupati cukup serius dan begitu besar perhatiannya terhadap pelaksanaan program ini,” katanya.
Dia menjelaskan, selama ini bupati langsung bertemu dan duduk bersama dengan peserta PKH, seperti yang dilakukan baru-baru ini di Kluet Utara, Meukek dan Labuhan Haji Barat. “Mudah-mudahan dengan prestasi ini kita dapat lebih bersinergi sehingga program PKH dapat berjalan tepat sasaran,” ujarnya.
Seusai acara itu, Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa menyatakan akan menambah jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2018 untuk seluruh Indonesia, termasuk Aceh.
“Dari proses validasi melalui Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015, di Aceh akan ada tambahan penerima PKH baru 227 ribu dari 153 ribu,” kata Khofifah seusai memberi sambutan pada Rakorda PKH 2017 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Jumat (29/9).
Sementara secara nasional, jelasnya, penambahan penerima PKH dari 6 juta menjadi 10 juta pada tahun 2018. “Dari 4 juta tambahan baru tersebar di seluruh Indonesia, sesuai dengan proporsi data kemiskinan yang dimiliki oleh BPS hasil pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) tahun 2015,” ujarnya.

Begitupun, dengan adanya penambahan penerima PKH juga berdampak pada penambahan tenaga pendamping PKH di Aceh sebanyak 700 orang lebih dari sebelumnya hanya ada 600 orang lebih.

“Insyaallah, minggu kedua Oktober 2017 akan ada proses rekrutmen pendamping PKH, sehingga di Aceh akan ada pendamping PKH sebanyak 1300 an orang. Para tenaga pendamping baru tersebut nantinya akan distribusikan untuk seluruh kabupaten kota di Aceh,” ujar dia

 

Sumber http://aceh.tribunnews.com/2017/09/30/tiga-kabupaten-terima-pkh-award

Comments

comments

Tags:

Category: Berita Utama

Close