Welcome To My Rest Area Program Keluarga Harapan

Oleh | Pada November 10, 2017

Menyadari bahwa dirinya menjadi salah satu ujung tombak dari PKH (Program Keluarga Harapan), yaitu program pemerintah yang memiliki tujuan untuk mengentaskan kemiskinan di negeri ini membuat seorang May Rosalli Matondang, ibu dari seorang anak bernama Hizkia Purba selalu bersemangat dalam melaksanakan tugasnya sebagai Pendamping PKH.

Dalam melaksanakan tugasnya, May Rosalli Matondang yang berusia 27 tahun selalu menggunakan sepeda motor bebek kesayangannya. Ada sekira 235 KPM yang dia dampingi yang tinggal tersebar di 7 desa. Salah satu dampingannya adalah Desa Lumban Silintong, Kecamatan Pagaran, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Kondisi medan yang kurang ramah tidak membuat semangatnya surut. Jika sedang turun hujan, kondisi jalannya menjadi berlumpur dan licin sementara jika sedang panas, kondisi jalannya menjadi berbatu dan berdebu.

Jalur ini sebenarnya bukan jalur resmi, tapi ini jalur terdekat menuju tempat di mana 49 KPM dari 235 binaannya berada. Nama dusunnya adalah dusun Huta Pasar, jaraknya sekitar 50 kilometer dari tempat dia tinggal. Jika dia menggunakan jalur yang resmi tentunya dia akan mengitari jarak yang lebih jauh lagi.



Jalur yang dipilih oleh ibu muda ini sebenarnya bukannya tanpa resiko. Pernah di suatu masa terjadi tindak kejahatan yang terjadi di jalur ini. Namun hal ini tidak membuatnya takut untuk tetap melanjutkan tugasnya. Hatinya mengatakan, jika seseorang sudah memiliki niat baik maka kebaikan pula yang akan dia peroleh.

Dalam menjalani aktifitasnya sebagai Pendamping PKH, beberapa resiko di jalan pun harus siap dihadapi dia, yaitu mengalami kendala pada mesin sehingga mogok di tengah jalan dan mengalami kejadian sepeda motornya bocor ban di tengah perjalanan. Mau tidak mau dia harus menuntun sepeda motornya hingga desa tujuan.

Kisah ini mengajarkan kita bahwa di setiap langkah yang kita ambil akan selalu ada resiko baik besar maupun kecil. Namun berbekal tekad dan semangat yang kuat maka setiap resiko itu bisa kita hadapi. Inspiratif!

(Guruh Andrianto)

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Category: PKH Inspiration

Close